Atasi Depresi dengan 7 Olahraga Ini

Ilustrasi depresi. Foto: AFP

RADARPENA.ID – Saat depresi melanda, bangun dari tempat tidur saja bisa menjadi hal yang sangat berat dilakukan, apalagi beranjak untuk berolahraga. Namun nyatanya, olahraga tertentu bisa membantu Anda untuk mengatasi gejala-gejala depresi.

Seperti dijelaskan dr. Atika dari KlikDokter, gejala depresi antara lain terjadi gangguan tidur, kurangnya motivasi dan semangat hidup, serta kehilangan harapan. Anda yang sedang depresi dapat juga kehilangan minat pada apa yang sebelumnya disukai.

“Orang yang depresi cenderung berpikir tentang bunuh diri, kematian, dan terus-menerus membicarakan hal tersebut. Selain itu, mereka juga memiliki emosi yang tidak terkontrol. Misalnya, marah-marah tanpa sebab, lalu selang beberapa saat, menangis tidak terkontrol,” ujar dr. Atika.

Beberapa penelitian telah menghubungkan olahraga sebagai cara mengatasi depresi. Salah satunya, sebuah publikasi ilmiah yang melibatkan peneliti di Universitas Bern menunjukkan efek positif olahraga dan aktivitas fisik pada depresi.

Dilansir dari Science Daily, olahraga dan aktivitas fisik membawa berbagai perubahan di otak yang hanya dapat dicapai melalui obat-obatan. Olahraga tertentu disebut dapat merangsang produksi serotonin di otak. Hormon ini berfungsi mengatur tidur, nafsu makan, dan mood.

Baca Juga : PGRI Sepakat Perombakan Kurikulum

Beberapa orang yang menderita depresi kerap dikaitkan dengan kadar serotonin yang rendah. Dengan cara yang mirip, olahraga juga dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas hormon stres, yakni kortisol.

Olahraga untuk ringankan depresi

Olahraga tertentu ternyata dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi gejala depresi. Selain hemat biaya, olahraga juga minim efek samping. Olahraga itu adalah sebagai berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here