Buktikan 6 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirsak

Ilustrasi, Rebusan Daun Sirsak. (Istimewa)

RADARPENA.ID – Buah sirsak dipercaya bisa melawan sel kanker. Tak hanya buahnya, daunnya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Tak hanya sekadar mitos, tetapi sudah banyak penelitian soal itu.

Sirsak (Annona muricata) dikenal juga dengan graviola atau paw-paw. Komposisi biokimia sirsak juga dikatakan seribu kali lipat lebih efektif membantu pasien kemoterapi dan radioterapi.

Bahkan, obat tradisional banyak menggunakan sirsak dalam mengobati beberapa penyakit. Tanaman ini dikenal untuk mengobati peradangan, rematik, hipertensi, diabetes, dan infeksi parasit.

Daun tanaman sirsak sendiri memiliki kandungan anti-inflamasi. Selain itu, juga memiliki sifat antipiretik, antimikroba, antidiabetik, kardioprotektif, dan anti-parasit. Cara terbaik mengonsumsi daun sirsak adalah dengan menyeduh daunnya lalu diminum arinya seperti dilansir dari Style Craze, Senin (4/11). Berikut, penjelasan 6 manfaat yang bisa diambil dari rebusan daun sirsak.

1. Lawan Kanker

Penelitian telah membuktikan bahwa daun sirsak melawan kanker secara efektif. Studi menunjukkan efek antiproliferatif dan sitotoksik dari tanaman sirsak terhadap kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulitm Biodiesel aktif ini disebut annonaceous acetogenins (AGEs). AGE mengandung sifat antikanker sirsak dan dapat membunuh sel kanker dengan menghambat kompleks mitokondria I, protein sel kanker.

2. Kendalikan Peradangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here