Kenali 5 Tanda Tulang Mulai Tidak Sehat

Ilustrasi, Tulang. (Ist)

RADARPENA.ID – Tidak seperti masalah pada berbagai organ tubuh lain, banyak orang yang kerap tidak menyadari tanda-tanda tulang tidak sehat. Bahkan, dalam banyak kasus, seseorang baru sadar mengalami masalah kepadatan tulang ketika sudah mengalami patah tulang.

Padahal, jika Anda cermati, tubuh akan memberikan sinyal tertentu saat tulang dalam kondisi tidak sehat.

Pentingnya menjaga kesehatan tulang

Tubuh membutuhkan mineral kalsium dan fosfat untuk membuat dan menjaga kesehatan tulang. Tulang baru dibuat dan tulang yang sudah tua dihancurkan. Saat masih muda, tubuh membuat tulang baru lebih cepat daripada memecah tulang lama, dan massa tulang pun meningkat.

Kebanyakan orang mencapai massa tulang puncak sekitar usia 30 tahun. Setelah itu perubahan tulang terus berlanjut, tapi Anda akan kehilangan massa tulang lebih banyak daripada yang dibuat.

Seberapa besar kemungkinan Anda terkena osteoporosis, kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh, tergantung pada seberapa banyak massa tulang yang Anda ‘simpan’ saat Anda mencapai usia 30.

Semakin tinggi massa tulang puncak Anda, semakin banyak tulang yang Anda miliki ‘di bank’. Artinya, semakin kecil kemungkinan Anda terkena osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Wanita di atas usia 50 tahun dan pria di atas 70 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena osteoporosis, daripada wanita dan pria yang lebih muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here