3 Cangkir Kopi Sehari Mampu Turunkan Berat Badan, tapi…

Ilustrasi. Foto: Pixabay

RADARPENA.ID – Stereotip tentang minum kopi biasanya sering dikaitkan dengan masalah kesehatan karena kandungan kafein di dalamnya. Misalnya terlalu banyak minum kopi bisa memengaruhi kerja jantung atau bikin kepala pusing. Tapi, kopi ternyata ada kaitannya lho dengan penurunan berat badan.

Dilansir dari Men’s Health, Selasa (20/8), penulis Bob Arnot, M.D., dalam bukunya ‘The Coffee Lover’s Diet’ (sekarang dikenal sebagai The Coffee Lover’s Bible) menulis manfaat dan sisi lain dari kopi. Dalam bukunya dikatakan, minum tiga cangkir kopi sehari, tak hanya mencegah penyakit, tetapi juga membantu membakar lemak.

“Jumlah minum kopi ini akan meningkatkan metabolisme dan fungsi kardiovaskular Anda, sambil memacu penurunan berat badan,” kata Arnot yang juga seorang dokter penyakit dalam.

Arnot menuliskan, selain minum tiga cangkir kopi hitam sehari, Anda harus membatasi kalori maksimal 1.500 per hari. Idealnya, kalori tersebut harus berasal dari protein tanpa lemak, biji-bijian, banyak buah dan sayuran.

Banyak penelitian menunjukkan, tiga cangkir kopi setiap hari menawarkan manfaat kesehatan. Dan ingat, yang terbaik adalah kopi hitam. Tanpa krim. Tanpa gula.

Baca Juga : Berapa Cangkir Kopi yang Aman Diminum dalam Sehari?

Tidak ada mocha latte macchiato dengan marshmallow atau camilan. Dan bukan kopi instan botolan. Tapi bukan berarti minum kopi tanpa bergerak. Hal itu bisa efektif jika diseimbangkan dengan olahraga. Hanya saja, jangan berharap itu semua akan berhasil secara instan untuk membakar lemak dalam waktu cepat.

Namun, orang-orang memproses kopi dengan cara yang berbeda. Sebab, ditemukan sebuah klinik kesehatan yang merekomendasikan seseorang membatasi asupan kafein pada 400 miligram setiap hari. Itu sama dengan empat cangkir kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here