Jangan Dihindari, 6 Manfaat Utama Kuning Telur yang Belum Disadari

Ilustreasi kuning telur. (Ist)
Ilustreasi kuning telur. (Ist)

RADARPENA.ID – Kuning telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama kandungan nutrisinya. Meski begitu, kuning telur sering kali dianggap sebagai penyebab tingginya kolesterol jika dikonsumsi secara berlebihan.

Memang banyak alasan mengapa banyak orang gemar mengonsumsi telur. Selain bisa dimasak apa saja, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah serta harganya yang sangat terjangkau.

Dalam sebutir telur, terkandung 70 hingga 75 kalori. Sekitar 15 kalori berasal dari putih telur dan 55 kalori dari kuning telur.

Selain itu, kuning telur mengandung sekitar 185 mg kolesterol dan 4,5 mg lemak. Inilah yang membuat kuning telur ditakuti dan kalau bisa dihindari oleh banyak orang.

Baca Juga: Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Jus Seledri dan Bayam

Meski mengandung kolesterol dan kalori yang cukup banyak, kuning telur sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip Alodokter, berikut beberapa manfaat kuning telur.

1. Baik untuk tulang dan gigi

Kuning telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, serta membantu penyerapan kalsium.

Kandungan vitamin D pada kuning telur dapat membantu menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dan gigi.

2. Mengandung protein yang cukup tinggi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here