8 Bahan Herbal Penghilang Nyeri Termasuk untuk Kanker

Ilustrasi, Jahe. Foto: Istimewa

RADARPENA.ID – Rasa nyeri adalah kondisi paling umum yang dialami pasien kanker. Rasa nyeri yang timbul karena kanker bisa berbeda tergantung kondisi pasien. Selain pengobatan medis, nyeri pada kanker bisa didampingi pengobatan herbal.

Dilansir dari Cancer Research United Kingdom, Minggu (18/8), penyebab nyeri pada pasien kanker sebagian besar disebabkan oleh tumor yang menekan tulang, saraf atau organ lain di dalam tubuh. Terkadang rasa sakit disebabkan oleh perawatan kanker itu sendiri.

Misalnya, beberapa obat kemoterapi yang dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki. Atau dapat menyebabkan sensasi terbakar di tubuh bekas suntikan obat. Radioterapi misalnya dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi kulit.

Nyeri kanker bisa dibedakan menjadi nyeri akut atau kronis. Nyeri akut disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh cedera dan cenderung hanya berlangsung singkat. Seperti menjalani operasi dapat menyebabkan nyeri akut. Rasa sakitnya hilang saat lukanya sembuh. Sementara itu, obat penghilang rasa sakit biasanya akan membuatnya terkendali.

Nyeri kronis disebabkan oleh perubahan pada saraf. Perubahan saraf mungkin karena kanker menekan saraf atau karena bahan kimia yang diproduksi oleh tumor. Ini juga dapat disebabkan oleh perubahan saraf karena perawatan kanker.

Rasa nyeri ini atau dikenal juga sebagai nyeri persisten, berlanjut lama setelah cedera atau perawatan berakhir dan dapat berkisar dari ringan hingga parah. Terkadang rasa sakit bisa datang dengan cepat, misalnya ketika mengganti pakaian atau bergerak. Jenis nyeri ini disebut insiden nyeri.

Lalu bagaimana dengan obat herbal guna menghilangkan nyeri pada pasien kanker?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here