Mulai Sekarang Tampung Air Cucian Beras dan Rasakan Manfaatnya

Ilustrasi air cucian beras. Ist
Ilustrasi air cucian beras. Ist

RADARPENA.ID – Ketika tengah mencuci beras biasanya bekas air cucian itu akan langsung dibuang. Padahal, air cucian beras memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

Wanita di Asia seperti Tiongkok, Jepang dan Indonesia percaya air cucian beras sebagai salah satu bentuk perawatan kulit dan rambut. Air cucian beras digadang-gadang mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan.

Beragam kandungan nutrisi ada dalam air cucian beras, di antaranya asam amino, vitamin B dan E, mineral serta zat antioksidan. Meski memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, disarankan untuk tidak menggunakan air cucian beras pertama.

Hal itu disebabkan air cucian beras pertama yang masih kotor. Jika ingin menggunakannya untuk kecantikan kulit, pastikan beras sudah dalam keadaan bersih, lalu ambil airnya dari cucian beras terakhir.

Baca Juga: Benarkah Lendir Siput Baik untuk Kecantikan Kulit Wajah?

Berdasarkan kandungan tersebut, banyak manfaat air cucian beras yang dapat kita peroleh seperti dikutip dari Sehatq.

1. Mencerahkan kulit

Menggunakan air cucian beras untuk mandi atau membasuh muka dapat membuat kulit lebih cerah dan menyamarkan noda hitam.

Bahkan, banyak produk kecantikan yang sudah menggunakan air cucian beras ini sebagai bahan tambahan, misalnya pada sabun, toner, dan krim.

2. Meredakan kulit hitam akibat sinar matahari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here