Pentingnya Awasi Anak dari Gadget

Ilustrasi, Anak Bermain Gadget. (Ist)

RADARPENA.ID – Meski tahu bahaya gadget atau handphone pada anak, namun cukup banyak orangtua yang memutuskan memberikan perangkat elektronik tersebut kepada anak. Alasannya, kemajuan teknologi dan memudahkan untuk berkomunikasi.

Dengan adanya hal tersebut, peran orangtua harus lebih berhati-hati dalam pengawasan dan siap menerima segala konsekuensinya. Anak bisa menjadi kebergantungan pada gadget. Boleh saja, dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, orangtua harus mengawasi dan mendampinginya.

Seperti yang dilakukan Salamudin (30) dan Ria (28) warga asli Batanghari, Kecamatan Muarabulian bersama Abib yang masih berusia 4 tahun. Salamudin sangat ketat mengawasi anaknya saat bermain gadget. Luasnya dunia gadget bisa membuat rusak pemikiran hingga tingkah laku anak.

“Yang kami lakukan mengurangi anak untuk bermain gadget. Dalam satu hari anak saya hanya boleh satu jam untuk megang gadget,” kata dia, saat dijumpai di Taman Remaja, Kotabaru, Sabtu (12/10).

Lanjutnya, selain bermain game, Abib anak dari pasangan Salamudin dan Ria ini sangat suka sekali membuka Youtube. Dari youtube anak bisa dengan cepat melakukan dan mencotohkan dari apa yang dia lihat. Maka dari itu, pentingnya Salamudin mendampingi anaknya.

“Kami pasti ada di sebelah dia saat dia buka youtube, kadang kami yang cariin dia mau nonton apa. Takutnya dia buka yang tidak-tidak kan bang,” tambahnya.

Diketahui, Abib biasanya suka nonton youtube melihat film Spiderman, Tinju dan lain sebagainya. Salamudin berharap, anaknya tak terlalu banyak maun gadget. Dirinya juga selalu berkata pada anaknya agar tak selalu bermain gadget

“Kadang saya ambil Hp itu dari tangannya, saya bilang jangan lama-lama nanti matanya sakit. Selesai itu langsung dikasih,” tandasnya. (slt/rib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here