5 Sikap Baik yang Tak Jarang Merugikan Diri Sendiri

Ilustrasi. (Istimewa)

RADARPENA.ID – Berbuat baik pada orang lain memang sudah seharusnya dilakukan sebagai manusia. Tak jarang, dari perbuatan baik tersebut, seseorang dapat membangun ikatan yang baik di masyarakat. Bahkan Anda bisa memiliki banyak teman dengan berbuat baik.

Tapi jangan sampai Anda salah mengerti arti kebaikan dalam sebuah pertemanan. Jika Anda terlalu baik pada teman tanpa ada batasan tertentu justru bisa menjadi hal yang sangat fatal dan merugikan diri sendiri. Berikut 5 sikap baik yang tak jarang justru merugikan diri sendiri dikutip dariĀ Cermati.com, Sabtu (7/9).

1. Tenaga dan Waktu Terkuras Demi Menyelesaikan Tugas Teman

Setiap pekerjaan yang Anda lamar pasti memiliki tugas yang berbeda dari bagian atau jabatan lain. Anda pastinya memiliki pekerjaan sendiri yang harus Anda selesaikan. Jika Anda memang memiliki waktu luang, Anda bisa gunakan waktu tersebut untuk sedikit bersantai. Selebihnya jika memang mampu, Anda bisa menawarkan diri untuk membantu pekerjaan teman.

Tapi, jangan takut untuk menolak permintaan teman kerja jika memang Anda memiliki cukup banyak tugas dan harus diselesaikan secepat mungkin. Jika terlalu baik atau merasa tak enak hati dan terus membantu, bisa-bisa tugas utama Anda tidak bisa diselesaikan dengan baik.

2. Tak Enak Hati buat Menagih Utang

Jika meminjamkan uang pada teman, sudah semestinya Anda menagih uang tersebut saat benar-benar membutuhkannya. Itu adalah hak Anda sebagai pemilik uang tersebut. Bila merasa tak tega menagih uang tersebut, Anda akan menghadapi kerugian yang cukup membuat diri sendiri jadi kesulitan. Jika sudah seperti itu, sebaiknya Anda tidak perlu meminjamkan uang pada teman.

Ini penting untuk mengantisipasi agar keuangan tidak terganggu. Terlebih lagi bagi Anda yang selalu tidak tega saat menagih utang. Belum lagi saat orang yang Anda pinjami tersebut ternyata belum bisa mengembalikan uang
tepat waktu. Sehingga Anda sendiri harus mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhan saat itu.

3. Terlalu Menjaga Perasaan Orang Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here