‘Ngemil’ Sehat Tengah Malam Ini Tak Ganggu Diet Lho

Rasberry dan yogurt. (Ist)

RADARPENA.ID – Kebiasaan mengonsumsi camilan di tengah malam sering dihubungkan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini tak sepenuhnya salah, mengingat banyaknya jenis camilan tidak sehat yang biasa dikonsumsi, apalagi segera berbaring tidur setelahnya.

Meskipun begitu, ada beberapa jenis camilan yang sehat untuk dikonsumsi ketika tengah malam tiba. Berikut enam camilan sehat yang baik dikonsumsi pada waktu tengah malam.

  1. Setengah porsi roti lapis kalkun

Jika ingin camilan sehat tengah malam, setengah porsi roti lapis gandum bisa menjadi pilihan. Tubuh akan mencerna biji-bijian lebih lambat, jadi membuat merasa kenyang lebih lama.

Sementara, daging kalkun mengandung triptodan, asam amino yang akan membuat kita mengantuk. Alternatif lain bagi yang tak suka kalkun, bisa mencoba selai kacang atau mentega almond. Selai kacang mengandung lemak sehat yang bisa meningkatkan kadar serotonin. Hormon pembangkit suasana hati yang bahagia dan membantu rileks.

  1. Biskuit gandum utuh dan keju

Biskuit gandum utuh bisa menjadi salah satu pilihan camilan sehat bila perut keroncongan di tengah malam. Selain itu, bisa juga menikmati satu sendok keju cottage dengan kandungan triptofan akan membuat tidur pulas hingga pagi hari.

  1. Popcorn

Popcorn masih termasuk camilan sehat tengah malam apabila tidak ditambah garam atau mentega. Popcorn terbuat dari jagung yang tergolong biji-bijian utuh dan memiliki serat. Jadi, popcorn bisa mengenyangkan dan lebih sehat ketimbang keripik atau kue manis.

  1. Granlola bar rendah gula

Bagi yang suka manis, bisa dicoba camilan granola yang rendah gula. Sebelum mengonsumsinya, cek label nutrisi pada kemasan guna memastikan kandungan protein yang cukup dan sedikit gula.

Sebagai alternatif lain, setengah buah pisang atau segenggam kacang almond juga dapat menjadi sumber magnesium dan mineral yang dapat menurunkan berat badan.

  1. Greek yogurt

Greek yogurt sangat baik dikonsumsi untuk yang menyukai makanan mengandung krim. Sediakan greek yogurt sebagai camilan sehat tengah malam dengan taburan buah ceri atau rasberi untuk tambahan nutrisi mengandung antioksidan tinggi.

Selain itu, rasa manis alami dari buah-buahan turut meningkatkan cita rasa greek yogurt yang umumnya tawar.

  1. Teh herbal

Jika perut lapar dan ingin menghangatkan tubuh di tengah malam, bisa dicoba secangkir teh herbal. Minuman ini juga dapat menenangkan pikiran.

Teh herbal yang bebas kafein membantu lebih rileks sebelum tidur. Cobalah jenis teh terbuat dari daun chamomile, passionflower, atau valerian. Teh peppermint juga bisa menjadi pilihan yang menenangkan, asalkan porsinya tidak berlebihan agar tidak memicu kembung atau mulas. (sehatq/heq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here