Yogata Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Yoga

Komunitas Yoga Taman Kota Tebet
Para anggota Komunitas Yoga Taman Kota Tebet.

RADARPENA.ID – Tren bugar melalui yoga tengah diminati banyak kalangan di Indonesia. Para kaum urban di ibu kota percaya bahwa yoga dapat membuat tubuh lebih sehat, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, serta dapat menghilangkan stres. Tingginya minat tersebut, membuat komunitas yoga pun kian menjamur. Namun, untuk mengikuti latihan yoga mereka pun harus merogoh kocek yang cukup lumayan jumlahnya.

Menjawab biaya berlatih yoga yang tak sedikit, Komunitas Yoga Taman Kota Tebet (Yogata) hadir sebagai salah satu solusi. Melalui perkumpulan Yogata ini, masyarakat umum bisa mengikuti kelas yoga dengan donasi serelanya. “Karena kita memang pelaku yoga terus kita melihat bahwa untuk mengikuti yoga itu mahal sekali kalau kita ikut di klub-klub dan sebagainya. Jadi untuk memasyarakatkan yoga kita ingin masyarakat, khususnya di tebet, juga bisa melakukan yoga bersama-sama dengan biaya yang murah,” ungkap salah satu pendiri Yogata, Riris Tamba kepada Radarpena, Sabtu (16/2) lalu.

Riris menjelaskan, Yogata memang tak memungut biaya selain donasi serelanya dari para peserta. Dana tersebut diperuntukkan sebagai pengganti biaya transportasi para pengajar dan sebagai donasi untuk menjaga kebersihan Taman Kota Tebet.

Digagas oleh sepuluh orang penyuka yoga, kelas pertama Yogata digelar pada 14 Agustus 2015 di Taman Kota Tebet, sekaligus diresmikan sebagai tanggal berdirinya Komunitas Yogata.

Kini, di usianya yang menginjak empat tahun, Yogata telah merangkul 80 orang sebagai anggotanya. Yogata juga menghadirkan suasana-suasana baru tiap minggunya agar para peserta tak merasa jenuh.

“Yoga dengan guru yang berbeda setiap minggunya. Untuk penyegaran, kita juga ada tes kesehatan. Tema yoganya beragam, kadang ada yoga lates dicampur dengan pilates, digabung dengan zumba, maupun powerfit,” ungkap Riris.

Selain beryoga, komunitas Yogata juga aktif dalam kegiatan kemanusiaan. Riris menuturkan Yogata ikut melakukan penggalangan dana untuk korban bencana dan menghibur para lansia di panti jompo dengan yoga. “Seperti pada saat terjadi bencana alam, kami juga mengumpulkan uang untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Kami pun juga pernah melakukan yoga bersama lansia di Panti Werda di Pondok Indah. Kita menemani para orang tua di sana untuk yoga,” imbuhnya.

Riris berharap agar yoga semakin diminati oleh seluruh kaum perempuan maupun laki-laki, khususnya masyarakat di Tebet. “Harapannya tentu anggota semakin banyak, kita juga bisa menebarkan kebaikan di lingkungan Tebet, mengajak masyarakat untuk hidup sehat,” pungkas Riris.

Bagi Anda yang berminat untuk yoga bersama Komunitas Yogata bisa langsung bergabung di Taman Kota Tebet, Jakarta Selatan, setiap Sabtu mulai pukul 07.00 hingga 08.00 WIB. Atau bisa mengunjungi akun instagram @yogatamankotatebet dan laman facebook Yoga Taman Kota Tebet. (rhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here