Perizinan Rumit Bikin Investor Asing Kabur

Ilustrasi. Foto: Istimewa

RADARPENA.ID – Sampai saat ini kinerja investasi Indonesia masih rendah. Hal itu karena banyaknya aturan yang diberlakukan sehingga investasi di Tanah Air tidak sesuai yang diharapkan.

Padahal antusiasme investor luar negeri begitu tinggi, namun karena rumitnya prosedur perizinan, akhirnya mereka batal menanamkan investasinya di Indonesia.

Keluhan investor luar negeri telah diketahui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam beberapa kesempatan setiap tugas kenegaraan, Jokowi mengaku selalu mendapat laporan tentang rumitnya regulasi di Indonesia.

“Setiap kali saya bertemu dengan kepala negara, bertemu dengan investor-investor yang berada di luar negeri, termasuk kemarin saat ke Saudi Arabia, terakhir. Mereka menyampaikan hal yang sama, keinginan besar untuk investasi di Indonesia,” kata Jokowi di Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/4).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, bahwa investor luar negeri sangat bersemangat sekali berinvestasi di Indonesia, namun begitu sudah masuk mereka pun memilih hengkang.

“Tapi begitu masuk kita tahu semuanya betapa masih ruwetnya mengurus perizinan di negara kita,” ucap Jokowi.

Diakui Jokowi, di dalam negeri memang banyak aturan yang masih rumit. Berbeda dengan negara lain yang simpel dan tidak memberatkan investor.

“Di negara kita ada sekitar 43 ribu aturan yang diberlakukan. Terlalu banyak peraturan-peraturan, terlalu banyak izin-izin yang harus dipenuhi. Sehingga mereka sudah masuk tapi kemudian bali8k badan nggak jadi,” ungkap Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here