WHO Nyatakan Darurat Global Terkait Virus Corona

TERINFEKSI VIRUS: Tim medis membawa seorang pasien ke rumah sakit Jinyintan, di mana pasien yang terinfeksi oleh virus mirip SARS sedang dirawat, di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, Minggu (19/1). Foto: AFP

RADARPENA.ID – Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan wabah virus corona kini berstatus gawat darurat dan menjadi perhatian dunia. Keputusan itu diambil dalam rapat yang digelar di Jenewa, Swiss.

“Karena jumlah pengidap terus bertambah dan terjadi penularan antarmanusia di luar Cina, maka WHO kembali menggelar rapat karena ada potensi wabah ini semakin meluas,” kata Dirjen WHO, Tedros Adanom Ghebreyesus, seperti dilansir CNN, Jumat (31/1).

WHO menjelaskan, bahwa yang dimaksud status gawat darurat yang menjadi perhatian dunia adalah, kejadian luar biasa yang mengancam kesehatan masyarakat di banyak negara akibat penyebaran wabah secara global.

Status itu pernah ditetapkan ketika merebaknya wabah Ebola, Zika, dan H1N1. Akan tetapi, WHO menyatakan sampai saat ini belum diperlukan larangan bepergian ke Cina akibat merebaknya wabah virus corona.

Sampai saat ini, per Jumat (31/1) tercata sudah 213 penduduk Cina meninggal akibat virus tersebut. Sedangkan yang terjangkit mencapai lebih dari 8.100 kasus di China daratan saja.

Baca Juga : Virus Corona Bisa Hidup Hingga Berbulan-bulan

Jumlah itu melampaui wabah SARS yang merebak pada 2002 sampai 2003. Saat itu jumlah penduduk di seluruh dunia yang terjangkit virus itu sebanyak 8,098 orang. Sedangkan yang meninggal tercatat mencapai 774 orang.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Cina Hua Chunying mengatakan, pemerintah telah mengambil langkah pencegahan dan pengendalian menyeluruh agar virus korona tidak menyebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here