Statement Trump Kembali Bikin Gaduh

KECAM TRUMP: Pernyataan AS Donald Trump memancing reaksi dunia. Aksi mengutuk Donald Trump pun dilakukan oleh demonstran di Bagdad, Minggu (26/1). Foto: AFP

RADARPENA.ID – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump lagi-lagi bikin kontroversi. Setelah sebelumnya Timur Tengah sempat dingin pasca Iran meluncurkan rudalnya ke markas tentara AS di Irak, kini Trump melancarkan aksi dengan menolak bernegosiasi dengan Iran dan menyatakan tidak akan mencabut sanksi terhadap negara itu.

Pernyataan Trump itu tampaknya merespons wawancara majalah Jerman, Der Spiegel, dengan menteri luar negeri Iran.

”Menteri Luar Negeri Iran mengatakan ingin bernegosiasi dengan AS, namun ingin juga sanksi dicabut. @FoxNews @OANN, tidak, terima kasih!” tulis Trump dalam sebuah cuitan di Twitter dengan bahasa Inggris, disusul dengan bahasa Persia, Minggu (26/1).

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif kemudian membalas cuitan Trump pada Minggu melalui cuitan berisi kutipan wawancaranya dengan Der Spiegel, yang terbit pada Jumat (24/1).

Dalam kutipan itu, Zarif mengatakan Iran masih membuka diri untuk melakukan negosiasi dengan AS jika sanksi terhadap negara itu dicabut.

Baca Juga : Virus Corona di Indonesia Cuma Hoaks

”@realDonaldTrump lebih baik dinasihati untuk berkomentar dan mengambil keputusan soal kebijakan luar negeri berdasarkan fakta, daripada berita utama @FoxNews ataupun penerjemah bahasa Persia,” kata Zarif dalam cuitan yang sama.

Ketegangan antara Iran dan AS meningkat sejak Trump menarik AS dari perjanjian nuklir Iran dengan beberapa negara kuasa dunia pada 2018, serta menerapkan sanksi terhadap Iran yang berakibat pada penurunan ekspor minyak dan tekanan ekonomi negara itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here