Konvoi Pekerja Tambang Emas Diberondong Tembakan, Puluhan Orang Tewas

Ilustrasi. (Istimewa)

RADARPENA.ID – Konvoi pekerja tambang perusahaan pertambangan emas Kanada, Semafo, diberondong tembakan oleh kelompok bersenjata. Dalam insiden itu, 37 pekerja tewas dan 60 lainnya mengalami luka-luka. Peristiwa berdarah terjadi di Burkina Faso pada Rabu (6/11) waktu setempat.

Pihak keamanan Burkiona Faso mengatakan, korban tewas bisa bertambah karena masih ada sejumlah pekerja yang belum ditemukan.

Serangan itu adalah yang paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir ketika militer tengah mengekang ruang gerak kelompok bersenjata yang telah menguasai sebagian Burkina Faso, yang terletak di Afrika Barat. Perusahaan tambang emas Kanada, Semafo, telah memperketat keamanan sejak tahun lalu. Namun, serangan berdarah masih saja terjadi.

Pihak Semafo mengatakan bahwa serangan terhadap konvoi lima bus dengan pengawalan militer terjadi di jalan menuju tambang Boungou di wilayah timur Est, sekitar 40 km dari Boungou. Kantor Gubernur Est kemudian memberikan rincian lebih lanjut.

“Orang-orang bersenjata tak dikenal melakukan penyergapan terhadap konvoi yang mengangkut para pekerja Semafo. Korban tewas sementara 37 warga sipil dengan lebih dari 60 orang terluka,” ungkap pihak Semafo.

Jumlah korban dikatakan belum termasuk pasukan keamanan yang tidak diketahui yang mungkin juga terbunuh dalam serangan itu. Jumlah korban kemungkinan akan meningkat karena ada sejumlah besar orang yang masih belum ditemukan.

Pihak keamanan setempat mengungkapkan kendaraan militer yang memimpin konvoi itu ditembak IED, semacam peledak. Tak lama setelah ledakan, sejumlah pria bersenjata melepaskan tembakan secara brutal. Mereka menargetkan bus serta pengawal militer.(jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here