Perwal Protokol Kesehatan Segera Direvisi

BANDUNG – Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan walaupun reproduksi virus dibawah 1, namun saat ini total warga terpapar covid ada sebanyak 3650 orang, yang  positif aktif ada sebanyak 759.

“Ini yang harus kita antisipasi kita lakukan, makanya gugus tugas operasional lebih maksimal, seperti kesehatan, satpol, dishub. Mereka lakukan evaluasi kegiatan yang sudah direlaksasi termasuk tempat hiburan,” jelasnya di balai kota, Selasa (1/12/2020).
“Tidak ada sedikit pun pemanfaatan ruang publik dan juga kerumunan yang terjadi, makanya sekarang gugus tugas terus woro woro dan penyemprotan disinfektan begitupun untuk jalur protokol dan lingkungan masyarakat, tetap ada razia masker dan sebagainya,” tegasnya.
Disinggung akan diberlakukan PSBB atau tidak, menurut Ema itu kebijakan wali kota. Begitupun rapat terbatas rutin tiap minggu bisa dipercepat jadwalnya.
“Pasti ada konsekuensi ya tapi perwal belum direvisi. Konsekuensinya yang jelas kapasitas dari 50 turun ke 30, lalu jam oprasional selesai sampai jam 9 nanti bisa jam 18 atau 19 semua akan berlaku begitu. Kendaraan umum dari kapasitas 50 jadi 30 itu turannya. Tinggal bagaimana nanti kalau sudah menjadi aturannya ajag atau enggak, wah sudah menyesuaikan terutama yang rentan dari usia dan kesehatan, itu prioritas,” bebernya.
Penyebab kasus meningkat lanjutnya karena kemarin ada libur panjang sehingga pengaruhnya tidak terasa hari itu.
“Sekarang imbasnya 14 hari kemudian dampak di kabupaten pilkada juga terjadi karena lalu lalang masyarakat dari sini kesana dari sana ke sini, mobilitas didaerah sebelah sedang tinggi itu diyakini oleh alih epidemologi,” tandasnya.(kai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here