Hasil Akhir Siswa Selama Daring, Penilaiannya Kebijakan Guru

BANDUNG – Saat ini sekolah tengah melaksanakan penilaian akhir semester (PAS), lantas bagaimana pembelajaran daring bagi siswa itu sendiri.

Kasi Kurikulum Disdik Kota Bandung Ahmad Taufan mengatakan sesui petunjuk SKB 4 menteri adanya penyederhanaan kurikulum, sehingga para guru akan menilai kesungguhan anak belajar dirumah bukan dari akademiknya.
“Penyederhanaan ini praktik baik dimana guru bijaksana. Proses yang dilihat bukan hasil akhir, sejauh mana anak mempunyai kesungguhan, semangat belajar dirumah, yang dinilai hanya ketercapaian saja,” ungkapnya.
Sementara itu terkait pembelajaran bagi siswa sekolah luar biasa kata Taufan kebijakan ada di provinsi. Namun karena sekolah di kota Bandung baik SD ataupun SMP memiliki layanan inklusi maka kota Bandung pun menyelenggarakan sekolah daring dan luring bagi siswa SLB.
“Pelayanan ini memberikan kebebasan untuk guru, dipersilahkan ada kunjungan dan tatap muka terbatas dengan catatan ruangan tertentu dan sesui prokes. Tapi pelayanan tidak setiap hari,” jelasnya.
Jumlah siswa SLB sendiri kata Taufan dibawah 2 persen dari jumlah seluruh siswa SD dan SMP di kota Bandung.
“Tidak semua sekolah ada pelayunan inklusi, tetapi modul dan sebagainya kita sediakan karena di kita ada juga guru pendamping khusus,” paparnya.(kai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here