6 Kelurahan Kota Bandung Sudah 100 Persen ODF, Ratusan Lainnya Belum

BANDUNG – Di Kota Bandung baru 6 Kelurahan yang sudah 100 persen Open Defecation Free (ODF) atau tidak buang air besar sembarangan, sayangnya sisa lainnya dari 151 kelurahan yang ada belum ODF.
Ke enam kelurahan tersebut adalah, Kelurahan Manjahlega, Kelurahan Paledang, Kelurahan Cihapit, Kelurahan Citarum, Kelurahan Ciateul, dan Kelurahan Rancanumpang.
“Ada beberapa kelurahan yang tinggal sedikit lagi mencapai 100 persen, tapi yang memang belum mencapai. Misalnya hanya tinggal delapan keluarga lagi,” ujar Ketua Forum Bandung Sehat, Siti Muntamah Oded M. Danial.
Wanita yang akrab disapa Umi Oded ini mengatakan, pihaknya tengah berusaha mencapai agar Bandung menjadi kota 100 persen ODF.
“Kami terus berupaya membangun dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya memiliki septic tank, baik itu sendiri ataupun komunal,” jelas Umi.
Sayangnya akibat covid-19, upaya ini sedikit terhambat. Karena anggaran yang harus direfocusing. Akibatnya tahun ini upaya pembuatan septik tank baru dilaksanakan pada Agustus.
“Berita baiknya, meski baru dimulai Agustus peningkatannya sudah mencapai 2 %. Sehingga, sekarang ODF sudah mencapai 68 persen,” bebernya.
Kendala yang dihadapi, untuk pencapaian 100 persen ODF ini, lanjut Umi, adalah kurangnya lahan juga kesadaran masyarakat yang minim.
Umi menceritakan masih ada pemilik kosan yang tidak memiliki septik tank sendiri.
“Sehingga, dalam kasus ini, bukan masalah mampu atau tidak mampu, tapi kesadaran masyarakat yang sangat kurang,” jelasnya.
Lain halnya dengan di kecamatan Babakan Ciparay. Di sana memang kondisi lahan yang tidak memungkinkan. Menurut Umi angka ODF di sana baru sekitar 30 persen.
“Jangankan untuk membuat septik tank, untuk berjalan saja harus miring, karena ruas jalan yang sempit,” ujarnya.
Namun bukan berarti tidak mungkin membangun septic tank di sana. Umi mengatakan bukan tidak mungkin berkonsultasi dengan ahli untuk mewujudkan itu.
“Kita akan berkomunikasi dengan pihak terkait. Agar bisa membangun septic tank di sana,” katanya.
Capaian 100 persen ODF ini, lanjut Umi, juga merupakan salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting di kota Bandung.
Karenanya, Umi mengajak seluruh warga Kota Bandung, untuk sadar akan pentingnya memiliki septic tank.
“Sampah kita, kita yang mengelola,” pungkasnya.(kai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here