PMI KotaBandung Kekurangan Stok Darah

BANDUNG – Masa pandemi covid-19 ini, PMI Kota Ade Kosyanto mengaku kekurangan stok darah. Hal itu karena adanya himbauan tidak keluar rumah sehingga para pendonor khawatir terpapar covid-19.
“Sejak awal pandemi pendonor darah sukarela menurun karena ada himbuan tidak keluar rumah sehingga mempengaruhi perolehan darah biasa kita terima, satu hari 500 labu ketika pandemi kita shock hanya 40 labu/hari atau 90% hilangnya sementara permintaan tidak berubah,” jelas Ade usai mengelar acara HUT PMI ke-75.
Idealnya kata Ade sehari itu stok darah 500 labu dan tersedia untuk 5 hari kedepa  atau sekitar 2500 labu.
Sehingga sebelum 5 hari stok bisa kembali terisi namun selama terjadi pandemi pengisian stok darah hanya 10%.
Tak heran Ade terus melakukan sosialisasi agar terus mendonor ke masyarakat  bahwa PMI pun menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak khawatir ataupun takut.
“Kami juga selalu menghimbau bagi rumah sakit atau pasien yang membutuhkan darah agar membawa 1 atau 2 keluarganya,” tegas Ade.
Hal sama disampaikan Kepala Unit Transfusi Darah PMI Uke Muktimanah bahwa seharusnya persedian darah setap rutin setiap hari 400-500.
“Intinya idealnya harus ada stok untuk 5 hari, sekarang belum baru masuk keluar gitu aja. Donor keluarga tidak apa apa golongan darahnya berbeda karena nanti saat kita butuh bisa dikasih ke yang lain, subsidi silang. Selama pandemi kita buka 24 jam,” ujarnya.
Seperti biasa golongan darah paling sulit kata Uke yakni golongan A. Jenis tersebut sering dibutuhkan namun pendonor susah.
Ditempat yang sama Wali Kota Bandung Oded M Danial saat menghadiri undangan ulang tahun berharap keberadaan PMI bisa memberikan nilai nilai kemanusian. Pasalnya PMI sebuah institusi yang sarat  membantu memberikan dari sisi kemanusian.
“Saya harap semakin matang dan mampu menghadirkan, bekerjasama dengan pemkot dalam pelayanan masyarakat. Memang dampak covid ini sampai sendi sendi semua lapisan, karenanya dengan kebersamaan saya menghimbau agar tetap semangat donor darah,” imbuhnya.(kai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here