Hari Anak Nasional Jadikan Momentum Pemberian Hak Kepada Anak

BANDUNG – Mengingat betapa penting anak mendapatkan hak-haknya secara baik. Maka pada peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli Ketua TP PKK Kota Bandung Siti Muntamah Oded menyampaikan peringatan tersebut harus dijadikan momentum agar orang dewasa di sekelilingnya mampu memberikan hak secara penuh dan proporsional.
Umi Oded sapaan akrab Ketua TP PKK Kota Bandung Siti Muntamah Oded, juga mengingatkan masyarakat untuk lebih memperhatikan anak. Pasalnya, anak merupakan anugerah berharga yang akan menjadi pelaku sejarah di peradaban mendatang.
Menurut perempuan yang juga pemerhati anak ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang dewasa di sekeliling anak, terutama orang tua dan keluarga terdekatnya. Pertama, pastikan anak selalu hidup gembira dan bahagia.
“Kedua, optimalkan tumbuh kembangnya. Ketiga, mereka harus terlindungi dari kekerasan dan kejahatan, serta terjaga harkat dan martabatnya,” tutur Siti.
Selain itu, anak juga harus diberikan ruang untuk mengekspresikan gagasan dan keinginannya. Anak perlu memperoleh ruang berpartisipasi aktif dalam berkegiatan.
“Dan di tengah pandemi ini, mari kita berikan perlindungan terbaik dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.
Hal senada diamini oleh Wakil Ketua I TP PKK Kota Bandung Yunimar Yana Mulyana. Istri Wakil Wali Kota Bandung itu menilai, pola asuh terbaik harus hadir dari keluarga, sehingga anak akan tumbuh menjadi manusia yang sehat lahir batin dan berbudi pekerti luhur.
“Anak harus berkembang secara sehat baik jasmani dan rohani, bermoral tinggi, dan berkarakter terpuji, sebab di masa depan ia adalah aset yang menentukan kualitas peradaban,” katanya.
Oleh karena itu, ketahanan keluarga adalah hal yang harus diperhatikan sebaik-baiknya agar anak-anak bisa menggapai cita-citanya.
Pada peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kota Bandung, TP PKK Kota Bandung menggelar pertemuan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Muslimah Bandung.
Hadir dalam kegiatan itu Andi Yudha Asfandiyar, pendongeng sekaligus pendiri PicuPacu Kreativitas Indonesia yang menjadi narasumber tentang cara menciptakan ruang dan lingkungan yang baik bagi tumbuh kembang anak. (kai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here