Masuki AKB Warga Harus Lebih Disiplin Protokol Kesehatan

BANDUNG – Kelebihan Kota Bandung dibandingkan daerah yang lain dalam penanganan covid-19 lebih baik.

Pasalnya begitu ada sektor yang akan dibuka dilakukan terlebih dulu simulasi secara serius.

“Contoh mesjid yang akan di buka disimulasi protokol kesehatan. Alhamdulillah sampai saat ini kita tidak menemukan kluster mesjid, artinya relatif masyarakat bisa dikendalikan, saat ini msyarakat sudah mengerti protokol kesehatan,” tegas Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan.

Begitupun pembukaan mal di Kota Bandung dilakukan simulasi ketat terlebih dahulu. Termasuk pembukaan tempat wisata, dicek benar kesiapan protokol kesehatannya.

“Saat ini saya lihat pemkot sedang ngecek ojek online, mudah mudahan bisa difasilitasi oleh pemkot, minimal rapid test,” tegasnya.

Menurut Teddy rapid test lebih terjangkau ketimbang swab yang memang memakan biaya cukup mahal.

Kalaupun mengikuti aturan yang diberlakukan gugus tugas, tegas Teddy bagi yang mau melakukan perjalanan saja. Baru lah mereka yang harus melakukan rapid test, paling tidak setiap 14 hari, sesuai surat edaran yang pernah dikeluarkan oleh gugus tugas.

“Kalau bakal diperbolehkan, maka ojek online harus melakukan rapid test, penumpang bawa helm sendiri, dan bayar pake uang elektronik yang ada di aplikasi. Yang jelas pakai masker, cuci tangan tetap dilakukan,” ungkap Teddy.

Selain ojek online, Teddy pun mendorong Pemkot menyosialisasikan simulasi ke masyarakat, oleh KUA dan kewilayahan tentang protokol kesehatan pernikahan yang diadakan di rumah.

“Saya mendorong pemkot untuk melakukan sosialisasi simulasi tentang aturan di pernikahan yang diadakan di rumah dan disosialisasikan oleh KUA. Termasuk juga harus berkordinasi dengan gugus tugas di level kelurahan, soalnya khawatir kondisi pernikahan yang di lakukan di rumah tidak terkontrol,” tegasnya.

Lanjutnya pemkot harus menyampaikan secara jelas tentang syarat mengadakan pernikahan yang di rumah, harus ada contoh simulasi protokol kesehatannya agar masyarakat bisa mengikuti, misal memakai video atau yang lainnya. (Kai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here