Tiga Penghargaan PR Indonesia Award 2020 untuk Humas Kota Bandung

BANDUNG – Humas Kota Bandung kembali menorehkan prestasi. Instansi di bawah Sekretariat Daerah Kota Bandung ini menyabet tiga penghargaan pada ajang Public Relations Indonesia Award 2020. Ketiga penghargaan tersebut antara lain Gold winner untuk Media Cetak Halo.bdg Edisi Spesial Hari Jadi Kota Bandung, Gold winner untuk Video Profil Kota Bandung, dan Silver winner untuk E-Magazine Halo.bdg.

Pengumuman pemenang dilaksanakan secara daring melalui saluran resmi Majalah PR Indonesia sebagai penyelenggara kegiatan pada Senin (21/4/2020) lalu. Situasi wabah Covid-19 membuat pelaksanaan pemberian anugerah harus tertunda.

Ajang tahunan tersebut merupakan wadah bagi para instansi PR di Indonesia untuk menguji produk, inovasi, maupun gagasan di bidang kehumasan. Tahun ini, sebanyak 543 entry lomba dipertandingkan se-Indonesia. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi, BUMD dan Perusahaan Daerah, Anak Usaha BUMN, BUMN, Swasta, Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Indonesia, termasuk Pemerintah Kota Bandung.

“Alhamdulillah, Humas Kota Bandung tahun ini bisa meraih 3 penghargaan dari 4 kategori lomba yang kita ikuti. Ini menjadi cerminan kinerja kita bahwa kita harus terus berkarya dan berinovasi dengan lebih baik lagi,” ujar Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Sony Teguh Prasatya, Kamis (23/4/2020).

Tahun lalu, Humas Kota Bandung juga meraih lima penghargaan di ajang yang sama. Pada tahun 2019, Humas Kota Bandung memperoleh anugerah pada e-Magazine Halo.BDG Edisi Spesial (Bronze Winner Sub Kategori Pemerintah Daerah), Media Sosial (Bronze Winner Sub Kategori Pemerintah Daerah), Annual Report 2018 (Bronze Winner Sub Kategori Pemerintah Daerah), Program GPR “Bandung Menjawab” (Silver Winner), dan Pemerintah Kota Terpopuler di Media, yang diterima langsung Wali Kota Bandung.

“Sebagaimana amanat pak Wali Kota Bandung, penghargaan memang bukan tujuan utama, melainkan sebatas evaluasi sudah sejauh mana kita bergerak selama ini. Alhamdulillah, berbagai apresiasi selalu kami dapatkan yang insya Allah selalu kami jadikan pelajaran,” imbuh Sony.

Menurutnya, Humas memang memiliki peran penting dalam pengelolaan informasi publik. Maka tak heran jika inovasi harus selalu lahir dari bidang Humas. Terlebih lagi, saat ini kita hidup di zaman informasi yang menuntut kita terus mengimbangi berita-berita yang objektif.

“Sekarang sudah bukan zamannya orang mencari informasi, tetapi memilah informasi. Maka tugas Humas adalah memberi informasi yang berkualitas bagi masyarakat Kota Bandung, khususnya,” katanya.

Ia berharap, penghargaan ini bisa menjadi motivasi yang terus menggelorakan semangat stafnya. Terlebih lagi di masa pandemi ini, stafnya terus digenjot agar akselerasi program pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus bisa berhasil.

“Memang berat, di satu sisi harus bekerja keras, di sisi lain wajib melindungi setiap orang, termasuk staf kami. Maka inovasi pemimpin betul-betul sedang diuji,” tuturnya. (rls/kai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here