Warga Tak Terima Bantuan Lapor Lurah Dan Camat

BANDUNG – Selama Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) jika ada warga tidak menerima bantuan bisa melaporkan ke tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

Menurut Camat Cicendo Bira Gumbira, pihaknya telah melakukan pendataan sesuai arahan.

“Data DTKS di kita ada 3985 KK dan non DTKS tidak bisa disampaikan karena terus berubah. Bila tidak terakomodir lapor kelurahan, kecamatan,” jelasnya Bira, Senin (20/4/2020).
Pihaknya kata Bira untuk bantuan sosial itu melakukan refokusing atau realokasi anggaran.
“Untuk jaringan pengaman sosial (JPS) dan dapur umum itu. Jika tidak terakomodir tapi sesuai data rekomen dari RT RW,” tegasnya.
Soal pendataan data masih dianggap tidak adil oleh masyarakat karena hanya diberikan kepada pihak tertentu. Bira mengaku hal itu sulit dimonitor.
“Kita berusaha memberikan seselektif mungkin, memang tidak bisa dimonitor,” jelasnya.
Bira menyampaikan juga bahwa kecamatan Cicendo terbanyak kasus  positif covid-19. Di wilayahnya warga terpapar positif ada 15 orang dari 15 itu 3 orang diantaranya meninggal dunia.
Soal banyak warga tidak mau rapid tes, Bira pun mengaku akan mengedukasi warga tersebut.
“Ada relawan nanti edukasi, mereka khawatir saat dites tidak sesuai diharapkan. Padahal saat ditemukan positif belum berarti positif ada tahapan lagi. Minimal bisa isolasi, ini salah satu upaya kita, sudah di tracking harus rapid tes, ada tempat isolasi dengan relawan tapi tempat tidak bisa disampaikan,” tegasnya.(kai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here