Tak Ada Alasan PDAM Tirtawening untuk Berikan Diskon

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi.

BANDUNG – Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi menyampaikan pihaknya tidak mungkin memberikan discount ataupun mengratiskan beban pembayaran air pam bulan ini.

Pasalnya, seperti diketahui tahun 2019 lalu mengalami kemarau artinya sumber air baku merosot tajam biasa 3600 kubik per bulan kemarin kurang dari itu.

“Dampaknya biaya operasional yang fix cost gak bisa diturunkan contoh gaji, bahan kimia pembersih air, kecuali variabel cost seperti hemat listrik dan ATK karena WFH,” jelas Sonny.

“Diakhir tahun hilang 3 juta kubik penerimaan turun diatas Rp15 miliar tahun 2019 biasanya diatas Rp200 miliar setahun kemarin kurang. Kalau dari nilai rekening yang dibayar,  Rp17-18 miliar sebulan. Pendapatan dari air dari lain lain ada tapi tidak banyak juga,” pungkasnya.

Sehingga kata Sonny PDAM tidak memiliki cadangan cukup. Sementara sampai bulan Febuari produksi air belum maksimal baru bulan Maret ini, namun sayangnya terdampak wabah covid-19.

“Kita was was dari 100 persen pelanggan kita itu 30 persen niaga seperti restoran, hotel, supermarket, kantor swasta. Yang mensubsidi 70 persen sementara restoran, hotel supermarket, sekarang konsumsi air kurang hanya 5 persen bahkan banyak hotel tutup kan. Padahal pendapatan dari satu hotel ratusan juta,” pungkasnya.

Sonny mengakui sudah banyak surat dari dunia usaha ke PDAM meminta discount, penangguhan pembayaran 3 bulan, dan da juga minta digratiskan.

“Ini dunia usaha, belum yang 70 persen langganan rumahan tangga 25 persen nya golongan tersubsidi, nah apa mereka bayar tepat waktu,” tanyanya.

Kalau sampai drop pendapatan itu berati lampu merah.
“Lalu operasional kita siapa yang nanggung, karena kita otonomi. Artinya kalau penerimaan turun terganggu operasional kita, gaji karyawan Rp1-2 miliar kalai normal,  sekarang bagimana. Siasatnya ya menghemat tekan biaya variabel cost hemat listrik, kurangi ATK. Nah kalau perusahaan itu kan setiap bulan ambil laba sebanyak banyaknya kalau kita kan ada sosial nya jadi kenapa harus ditangguhkan satu bulan atau minta discount,” gerutu Sonny.(kai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here