Bencana Alam Bertambah Lagi, Jalan dan Rumah Ambles

Jalan di Dukuh Karyamukti ambles. Foto: Hadi W

RADARPENA.ID – Bencana alam bertambah lagi. Kali ini warga Dukuh Karyamukti, Desa Garungwiyoro, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan yang ketar-ketir. Pasalnya, intensitas hujan tinggi yang hampir tiap hari mengguyur wilayah pegunungan itu mengakibatkan tanah di pemukiman warga ambles.

Dampaknya, sejumlah rumah penduduk dan bangunan musala mengalami retak-retak. Jalan di pemukiman pun ambles dan longsor.

Danramil Kandangserang Kapten Nurkhan, Rabu (15/1) petang, menuturkan, kemarin sore, sekitar pukul 16.00 WIB, di Dukuh Karyamukti, Desa Garungwiyoro, Kecamatan Kandangserang telah terjadi jalan ambles, longsor dan retakan di rumah warga, dan musala.

“Ini diakibatkan intensitas hujan yang tinggi dan hampir terjadi setiap hari. Kontur tanah di wilayah ini juga labil,” terang dia.

Berdasarkan pendataan sementara hingga kemarin sore, akibat tanah ambles di wilayah itu mengakibatkan jalan longsor sepanjang 13 meter, dan jalan retak sekitar 15 meter dan ambles dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Rumah Lutfi Asror di RT 03 RW 02 retak dengan panjang 10 meter, dan kedalaman sekitar 30 cm. Selanjutnya, musala di kampung itu juga retak-retak sepanjang 9 meter.

“Retakan dan ambles masih bisa terus bertambah apabila hujan terus mengguyur,” imbuh dia. (had)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here