Pertama Kalinya, BLK Berbasis Ponpes Diresmikan

Ilustrasi para santri saat berada di BLK Komunitas Pesantren di Ponpes Al Badar, Kabupaten Serang. Foto: Radar Banten

RADARPENA.ID – Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang telah membuka Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Insan, Lingkungan Kerotek, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Selasa (9/12).

Peresmian BLK berbasis pondok pesantren tersebut merupakan yang pertama di Kota Cilegon tersebut.

Peresmian BLK Al-Insan tersebut dilakukan oleh Kepala BBPLK Serang, Agung Nur Rohman bersama Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati, Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Nurrotul Uyun, dan Ketua Yayasan Al-Insan, Abdul Ghofur.

Kepala BBPLK Serang, Agung Nur Rohman mengatakan, BLK Al-Insan ini merupakan BLK pertama di Cilegon hasil kerjasama antara Kemenakertrans dengan komunitas khususnya pondok pesantren. BLK yang didirikan dari hasil kerjasama ini sudah ada 13 di Provinsi Banten.

“Bantuan dari pemerintah pusat berupa pendirian bangunan BLK senilai Rp 500 juta, peralatan pengelasan Rp 300 juta, dan instruktur yang disiapkan oleh BBPLK Serang,” terangnya.

Baca Juga : Sampai Kapan Indonesia Bergantung Modal Asing?

Kata Agung, pelatihan pengelasan yang diadakan di BLK Al Insan karena memang pengajuan yang dilakukan Ponpes Al-Insan membutuhkan pelatihan pengelasan. “Apalagi di sekitar Cilegon banyak industri yang membutuhkan tenaga pengelasan,” tuturnya.

Agung menambahkan, BLK Al-Insan ini diharap bisa menyerap 100 peserta pelatihan kerja setiap tahunnya. Peserta pelatihan bisa dari lulusan Pondok Pesantren Al Insan maupun warga sekitar Lingkungan Kerotek, maupun Kota Cilegon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here