Siapkan Perbup, Wajibkan Kontraktor Pakai Aspal Plastik

Ilustrasi Hotmix/Pengaspalan (Dok.Jawapos)

RADARPENA.ID – Meminimalisir sampah plastik di wilayah Kabupaten Banyumas khususnya Kota Purwokerto, Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein mengambil kebijakan agar pekerjaan pada seluruh jalan kabupaten wajib memakai aspal campur plastik.

“Akan ada Perbup untuk mengatur itu. Kalau kontraktornya tidak memakai aspal campur plastik, maka pekerjaannya bisa tidak dibayar,” kata Bupati saat peresmian Pusat Daur Ulang (PDU) Kober dan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) 2019, Sabtu (7/12).

Husein mengingatkan kembali para camat, lurah dan kepala desa bahwa tugas camat dan kepala desa salah satunya yang diprioritaskan adalah permasalahan sampah. Sehingga, kalau ada masalah sampah di satu wilayah kabupaten, maka menjadi tanggung jawab camat, lurah atau kepala desa. Dirinya menegaskan tidak rela jika di Banyumas masih ada sampah plastik di atas tanahnya.

“Kepada camat, lurah dan kepala desa tolong juga kendalikan pembedil burung. Jika dibutuhkan bisa dibuatkan Perbup yang melarang pembedil burung. Janganlah burung dibedil karena burung pun ingin bahagia,” pinta Bupati.

Dirinya memohon dukungan dari seluruh masyarakat Banyumas agar keberadaan PDU benar-benar digunakan dengan baik. Dengan begitu maka menurutnya adanya PDU pasti menguntungkan.

Baca Juga : Jadi Pagar Ayu Pernikahan Jessica-Richard, Gisel Mengaku…

Pada tahun 2019, Kabupaten Banyumas membangun 8 unit TPS 3R/ PDU melalui APBD 2019 di Purwokerto Wetan, Tanjung, Purwanegara, Karangwangkal, Bobosan, Pabuaran, Kober dan Pasir Kulon. Sementara dari APBN (Kotaku) 2 PDU di Purwokerto Lor, Purwokerto Timur.

“2021 Insya Allah kita bisa mengatakan Banyumas selesai masalah sampah di TPA,” pungkasnya. (yda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here