Bawaslu Lampung Setuju Rekrut Penyidik dan Penuntut Pemilu

Foto: Istimewa

RADARPENA.ID – Untuk menangani permasalahan hukum Pemilu, Bawaslu diminta merekrut penyidik dan penuntut Pemilu dari unsur Kejaksaan dan Kepolisian. Hal ini didukung oleh Bawaslu Lampung sebab bisa memberikan kepastian langsung terhadap persoalan hukum pemilu.

Anggota Bawaslu Lampung, Divisi Hukum Tamri Suhaimi mengatakan, saran tersebut terungkap dalam seminar nasioal yang diungkapkan oleh Akademisi Universitas Andalas, Khairul Fahmi.

Kata Tamri, yang diserapnya dari pernyataan Khairul Fahmi adalah tertuju pada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Dimana, selama ini fungsi dari Gakumdu dinilai hanya untuk menyamakan persepsi antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan tanpa memberikan keputusan.

“Jadi dia menyarankan agar Gakkumdu merekrut penyidik jika memang mau dipertahankan,” ucapnya, Minggu (1/12).

Mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Lampung ini melanjutkan, perekrutan penyidik dan penuntut ini disarankan nantinya dibawah Gakumdu yang benar-benar memiliki badan hukum secara terpisah.

Baca Juga : Indonesia Peringkat Pertama Wisata Terbaik di Dunia

“Jadi berdiri sendiri lembaga Gakumdu. Kemudian, penyidik dan penuntut dalam bertugas di Gakumdu itu hanya cuti dari lembaga asalnya. Yakni kepolisian dan kejaksaan,” ujarnya.

Terkait dengan saran tersebut, dia mengaku pihaknya setuju. Sebab, dengan adanya penyidik dan penuntut pemilu, bisa memberikan kepastian yang cepat terhadap persoalan-persoalan hukum pemilu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here