Aduan Pungli Uji KIR Cuma Hoax

Ilustrasi Uji KIR. Foto: JawaPos

RADARPENA.ID – UPTD PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas memastikan bahwa laporan adanya pungli pada proses uji KIR di Gedung PKB Karangnanas Sokaraja pada Lapak Aduan Banyumas beberapa waktu lalu tidak benar alias hoax.

Kepala UPTD PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Ir Destianto mengatakan setelah dicek tidak pernah ada kendaraan wajib uji bernomor Polisi R 1972 DH melakukan uji KIR di Banyumas.

“Setelah kami cek di data base tidak ada nomor Polisi tersebut,” katanya.

Destianto mengungkapkan aduan tidak benar yang dialamatkan kepada UPTD PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas bukan pertama kali terjadi. Sepengetahuannya sudah ada tiga aduan yang pernah dilayangkan terkait pengujian KIR di Banyumas. Salah satu yang juga pernah diadukan yaitu Satpam. Satpam dilaporkan menariki sejumlah uang kepada para sopir untuk mendapatkan nomor antrian kendaraan.

“Setelah saya tanyakan kepada semua Satpam tidak ada yang melakukan itu,” terang dia.

Baca Juga : Dapat Grasi, Annas Maamun Bakal Disidang Lagi

Dirinya menyayangkan terus adanya aduan palsu tersebut. Dia menduga aduan-aduan tersebut bisa muncul dari calo yang dahulu pernah ada saat pengujian KIR masih dilakukan di Tanjung. Karena saat ini dengan sistem serba online sudah tidak ada kesempatan bagi calo untuk bekerja maka dibuatlah aduan-aduan tidak benar tersebut.

“Kami terus menghimbau pada masyarakat agar mengurus sendiri. Jangan percaya pada calo,” pungkas Destianto. (yda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here