KPU Angkat Manggis jadi Maskot

Ilustrasi. Foto: Prokal

RADARPENA.ID – Penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2020 di Kabupaten Purworejo yang diagendakan berlangsung pada 23 September 2020, resmi dimulai.

Peluncuran Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Purworejo 2020 dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo di Tugu Kembar atau Gerbang Upacara Alun-Alun Purworejo, Minggu (1/12).

Dalam kesempatan itu KPU juga mengenalkan jingle “Ayo Memilih” hasil aransemen H Dandung Danadi dan maskot Pilkada Purworejo 2020 bernama Si Manggis.

Prosesi peluncuran secara simbolik ditandai dengan pemukulan bedug oleh Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim, diikuti tabuhan rebana serta pelepasan balon dan burung merpati oleh jajaran anggota KPU, Forkopimda, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purworejo. Tampak hadir, anggota KPU Jateng Paulus Widiyantoro, Bupati Agus Bastian diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Genthong Sumharjono, dan perwakilan KPU se-Kedu.

Dulrokhim menjelaskan, buah manggis dipilih sebagai maskot Pemilukada karena merupakan salah satu komoditas lokal unggulan Purworejo dan memiliki banyak makna filosofi terkait penyelenggaraan Pilkada.

Baca Juga : SKT FPI, Tunggu Hasil Kemendagri

Beberapa di antaranya dapat dilihat dari estetika bentuk yang berstruktur bulat dan rata serta tangkai yang menghadap ke atas. Bentuk tubuh dan tangkai seperti inilah yang melambangkan seorang pemimpin dan sebuah kepemimpinan idealnya memiliki konsep dan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat secara umum dan meliliki konsep melindungi, serta memiliki karakter adil dan merata.

Selanjutnya terdapat daun yang didesain terdapat 5 lembar daun, ini selaras dengan Pancasila yang memiliki 5 Sila sebagai semangat Bhineka Tunggal Ika. Dari aspek estetika warna, manggis memiliki warna lungu yang menjadi khas Kabupaten Purworejo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here