Kabar Gembira, Gaji Kades Naik di 2020

Ilustrasi. Foto: Radar Bojonegoro

RADARPENA.ID – Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2104 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah kabupaten OKU Selatan pada tahun 2020 mendatang bakal menaikan penghasilan tetap Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), dan Perangkat Desa (PD).

Besaran kenaikan penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa ini sendiri disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah masing-masing.

Untuk itu melalui Kebijakan dan Peraturan Bupati OKU Selatan, besaran penghasilan Kepala Desa dan Tunjangan Kepala Desa diwilayah OKU Selatan yang sebelumnya Rp 3.500.000 bakal naik menjadi Rp.3.926.640. Kemudian untuk Sekretaris Desa (Sekdes) yang sebelumnya Rp.700.000 naik menjadi Rp.2.224.420, sedangkan untuk gaji Kepala Dusun (Kadud) dan Kaur yang sebelumnya Rp 550.000 naik menjadi Rp.2.022.200.

Pemerintah kabupaten OKU Selatan sendiri pada tahun 2020 telah menganggarkan 10% dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil yang akan disalurkan keseluruhan desa di Kabupaten OKU Selatan. selain itu juga ada tambahan DAU dari Pemerintah Pusat untuk kenaikan gaji Perangkat Desa tersebut.

Hal ini sebagaimana dijelaskan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKU Selatan M Rahmatullah SSTP MSi. Dikatakannya, terkait adanya kenaikan ini pihak juga mengacu pada PP Nomor 43 Tahun 2104 Pasal 61 Perangkat Desa terdiri atas Sekretaris Desa, Kaur, dan Kadus.

Baca Juga : Penjelasan Kemenpora Terkait Keperawanan Atlet SEA Games

“Untuk Linmas, Bendahara, dan BPD, berdasarkan kebijakan Bupati OKU Selatan dan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, maka juga dilakukan kenaikan penghasilan namun tidak terlalu signifikan,” terang Rahmat.

Bupati OKU Selatan Popo Ali M B Commerce berharap dengan adanya kenaikan penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa ini maka hal itu dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, sehingga pembangunan dan pemerintahan desa bisa berjalan lebih optimal dari sebelumnya. (res)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here